Kamis, 30 Mei 2013



KATA PENGANTAR

Puji serta syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan Ridho dan karunia-Nyalah serta kerja keras yang telah dilakukan oleh penulis, akhirnya tugas Perekonomian Indonesia dengan membuat Kliping dapat terselesaikan dengan baik. Dan tak lupa kami haturkan shalawat serta salam kepada Baginda Besar Nabi Muhammad saw. beserta  sahabat dan keluarganya.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus  yang telah memberikan izinnya, Dosen mata kuliah Perekonomian Indonesia, serta teman-teman yang telah membantu dalam penyelesaian tugas  ini. Tanpa mereka semua tugas ini tidak ada apa-apanya. Semoga tugas  ini dapat bermanfaat di kemudian hari.


pamekasan, April 19 2013
Penulis









Text Box: i
 
Daftar Isi

JUDUL............................................................................................................... i
KATA PENGANTAR....................................................................................... ii
WASKITA GO PUBLIC................................................................................... 1
DELAPAN PBI DI TERAPKAN..................................................................... 2
BBM BISA NAIK TANPA IZIN DPR............................................................ 3
INDONESIA SIAP GESER ITALIA............................................................... 4
RASKIN KIAN MENUMPUK......................................................................... 5
KERAMIK SORTIRAN BANJIRI SUMENEP............................................... 6
PEMBENTUKAN KOMISI GARAM TAK JELAS........................................ 7
PROYEK MERAH PUTIH DI ( PABRIK GULA ) PG GLENMORE.......... 8
DPR SERAHKAN BOEDIONO KE KPK...................................................... 9
JAKSA AGUNG DISEBUT DALAM REKAMAN SUAP PROYEK PON. 10









Text Box: ii
 
WASKITA GO PUBLIC

            Saat investor gothering di hotel shongri - LA surabaya kemarin dari perwakilan Waskita Karya (Persero) mewakili BUMN perusahaan yang amat begitu besar dan mempublik keseluruh dunia, ini dengan Core Busness Infra struktur itu mengincar dana segar dari penawaran saham perdana (IPO) sebesar Rp. 1.2 Triliun. Masalahnya 60 persen dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja yang bersifat permanen dan sisanya akan di pakai untuk pengembangannya usahannya tersebut. Terus bagaiman langkah selanjutnya jika indonesia selalu melakukan tindakan semacam itu, bisakah pemerintah meminimalisir dengan terjadinya seperti hal tersebut.














DELAPAN PBI DI TERAPKAN

Direktur eksekutif departemen penelitian dan pengaturan perbankkan mulya siregar mengatakan, otoretas moneter telah merampungkan setidaknya delapan peraturan bank indonesia (PBI) baru yang siap untuk di implementasikan pada awal 2013 yaitu demi menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), bank indonesia (BI) memperketat sistem perbankkan, khususnya dalam sistem  hal permodalan bank. Pengetatan itu dilakukan untuk menguatkan ketahanan dan daya saing perbankkan di masa depan. Dalam peraturan yang di turunkan dari arsitektur perbankkan indonesia ini nantinya akan muncul bank yang akan bisa memenuhi kualifikasi bank ASEAN.jadi bank-bank tersebut dapatmelakukan ekspansi ke 10 negara di ASEAN.
Adapun paparandari kegiatan usaha bank dalam PBI multiple license, yaitu 4 bagian :
1)      Bank umum kelompok usaha (buku) I dengan modal inti RP> 100 miliar hingga kurang dari Rp. 1 triliun
2)      Buku II dengan modal inti Rp. 1 triliun kurang dari Rp. 5 triliun
3)      Buku III dengan modal inti Rp. 5 triliun hingga kurang dari Rp.30 triliun
4)      Buku IV dengan modal inti mulai Rp. 30 triliun ke atas.







BBM BISA NAIK TANPA IZIN DPR

Mentri keuangan Agus Marto Wardojo mengakui dalam UU APBN 2013, memang terdapat klausul yang memungkinkan pemerintah menaikkan harga BBM jika terjadi perubahan pada asumsi makro, itu ada dalam pasal 8 ayat 10 berikut bunyinya klausul tersebut, belanja subsidi “ belanja subsidi sebagaimana di maksud dalam ayat 1 dan 2 dapat di sesuaikan dengan kebutuhan realisasi pada tahun anggaran berjalan untuk menantisipasi devisiasi realisasi. Jika di cermati klausul tersebut jauh lebih longgar jika di bandingkan dengan pasal 7 ayat 62 dalam UU APBN 2012 yang juga bersama-sama memberikan opsi kewenangan bagi pemerintah untuk menaikkan harga BBM, namun syarat yang lebih ketat dan spesifik. Menurut agus, pasal 8 ayat 1 UU APBN 2013 memang di perlukan agar pemerintah bisa lebih fleksible dalam menjalankan APBN, jadi jika pemerintah selalu menaikkan BBM tanpa kesepakatan DPR maka danpaknya akan semakin krisis pada masyarakat bawah, maka dari itu sebelum pemerintah melaksanakan tindakan penaikan BBM harus melalui persetujuan DPR.










INDONESIA SIAP GESER ITALIA

Indonesia bisa dikatan maju lebih dari 88 persen dari negara italia dari segi perindustrian perhiasan, Chief Marketing officer PT.UNTUNG BERSAMA SEJAHTERA (UBS).
Catur limas mengatakan, produk perhiasan dalam negeri diterima pasar internasional sejak 15 tahun terakhir.
Indonesia siap menggantikan posisi italia sebagai kiblat perkembangan industri perhiasan dunia. Persiapan tersebut di dukung  dengan diterimanya produk-produk kreatif perhiasan lokal di pasar international. Misalnya di tlongkok, india, timur tengah sampai amerika latin, nah untuk itu antar pabrikan perlu merapatkan barisan serta meningkatkan kulitas dan inovasi desain.












RASKIN KIAN MENUMPUK

            Jatah raskin sejak Januari 2013 belum ditebus karena akibat pengurangan pagu raskin beberapa waktu lalu, sehingga kades khawatir menjadi penyebab konflik di desanya. Anggota komisi A DPRD Sumenep Darul Hisyam mengatakan, jika masih ada kepala desa yang enggan menebus raskin, itu berarti salah satu pembangkangan terhadap keputusan pemerintah pusat.
Sebab bantuan raskin tersebut merupakan keputusan pemerintah pusat secara nasional. Jadi alasan kepala desa khawatir terjadi masalah di desanya, itu bukan merupakan alasan rasional bagi pemerintah pusat. Parahnya lagi, pada periode Juni sampai Desember jumlah raskin yang tridak ditebus justru lebih banyak sehingga beras tersebut menumpuk di gudang Perum Bulog.
Karena dari itu saya menyayangkan sikap kepala desa yang enggan menebus raskin padahal beras tersebut sudah seharusnya didistribusikan kepada penerimanya sesuai waktu yang ditetapkan.










KERAMIK SORTIRAN BANJIRI SUMENEP

Kota Sumenep adalah salah satu kota yang terletak di ujung pulau Madura. kota Sumenep cukup luas dan bermacam bentuk usaha ekonomi menengah di dalamnya dengan segmen pasar yang cukup diminati oleh masyarakat dengan harga terjangkau dan merakyat. Diantaranya adalah toko keramik sortiran yang terletak di JL. Tengku Umar Sumenep.
Meski demikian hanya ada tiga pengusaha keramik sortir di Sumenep, hal ini cukup signifikan melihat minat masyarakat karena belum ada persaingan bentuk usaha ini yang begitu ketat sehingga dapat menguntungkan pengusaha di jalur ekonomi rakyat yang mayoritas perekonomiannya masih berada di kelas ekonomi menengah ke bawah.
Keramik sortiran ini adalah hasil dari pemilahan dari pabrik yang tergolong keramik cacat produksi atau produksi tidak sempurna. Oleh karena itu para pengusaha menengah memanfaatkan untuk dijual kembali sebagai keramik sortiran namun bagus secara fisik.










PEMBENTUKAN KOMISI GARAM TAK JELAS

Komisi B DPRD sumenep rupanya mulai menemukan jalan buntu, untuk membangun pembentukan komisi garam, dikarenakan masih banyaknya tugas yang harus diselesaikan, namun masyarakat sumenep ngotok dan bahkan melakukun aksi unjukrasa dan diperkuat dengan desakan organisasi atau forum pemberdayaan yang berkaitan dengan garam kemarin.
Dengan adanya aksi tersebut jajaran komisi B DPRD sumenep mendatangi kementrian perekonomian untuk membicarakan pembentukan komisi garam. Namun, rupanya komisi garam itu hanya menjadi wacana belaka.
Menanggapi hal itu, wakil ketua komisi B DPRD sumenep Dwita andriani menegaskan jika pembentukan komisi garam akan terus dilakukan. Bahkan, pihaknya berjanji segera merumuskan langkah-langkah pembentukannya.












PROYEK MERAH PUTIH DI ( PABRIK GULA ) PG GLENMORE

Sekarang dengan peralatan yang lebih modern dan canggih yang menggunakan sistem karbonatasi, mesin ini dirancang agar petani agar dapat langsung melihat berapa rendemen tebu yang diproses menjadi gula.
Direktur produksi PTPN XII soewarno menambahkan on farm-nya dikerjakan oleh PTPN XII, sedangkan off fram dipegang oleh PTPN XI yang lebih berpengalaman PG Glenmore akan menyerap tenaga kerja 5 sampai 8 ribu orang.
Mereka bergabung untuk membuat pabrik gula baru, tidak hanya itu, pengerjaan konstruksi pun mengandalkan potensi dalam negeri. Pembuatan pabrik gula (PG) ini adalah keroyokan antara PTPN III,  PTPN XI dan PTPN XII, dan itu adalah Proyek Merah Putih.
Pengerjaan konstruksi pabrik maupun produksi konsumen menyinnya mengandalkan BUMN serta swasta lokal. Mereka yang dilibatkan mewujudkan PG tersebut adalah PT Barata Indonesia di bidang produksi komponen mesin, sedangkan badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT), dan PT Indocode adalah (konsultan ahli gula).









DPR SERAHKAN BOEDIONO KE KPK

Kasus yang tak pernah usai pada Bank Century sejak tahun 2012 hingga 2013 belum selesai titik permasalahannya, dikarenakannya terlalu banyak sikap-sikap fraksi dalam kasus ini, namun asumsi DPR saat ini adalah Boediono yang di duga malakukan fraksi dalam kasus pada Bank Century.
Maka dari itu DPR menyerahkah Boediono ke badan KPK, ketua fraksi PDIP puan maharani menegaskan, sebaiknya kasus Century diselesaikan lebih dulu di KPK. Namun ketua PDIP menolaknya dan tidak ingin ikut campur dalam pemprosesan kasus Century tersebut.
Terus bagaimana langkah selanjutnya pemerintah agar permasalahan pada Bank Century ini bisa di minimalisir, mengapa tidak ditindaklanjuti permasalah pada Bank Century tersebut, kurangnya kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap kasus Bank Century akan membuat semua para koruptor akan semakin merajalela.











JAKSA AGUNG DISEBUT
DALAM REKAMAN SUAP PROYEK PON

Meraknya koruptor di indonesia semakin merajalela dari tingkat bawah hingga tinkat atas, tak heran jika semua orang melihat uang akan biru matanya, apalagi bukan jumlah yang sedikit, terkait dengan nama panggilannya Basrief, yang di duga ada main suap menyuap pada sebuah proyek PON Riau, di sidang di pengadilan negeri pekan baru lalu.
Dalam sidanng tersebut, JPU KPK menghadirkan beberapa saksi. Di antaranya, ramli walid, iwa sirwani bibra, bambang pemungkas, dan adji satmiko. Ramli membenarkan pertemuan dengan beberapa pejabat, pertemuan tersebut diduga terkait dengan persiapan proyek PON Riau , lukman menyatakan tidak tahu – menahu mengenai aliran dana suap Rp.1 miliar tersebut, (Kapuspenkum) kejagung setia untung ari muladi mengatakan, pihaknya akan menelusuri kebenaran informasi tersebut.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar